Facebook oh Facebook

150320094448

Di awal tahun 2009 ini, saya dikejutkan dengan fenomena Facebook (fb). Tiba-tiba mak jegagik, teman-teman di kelas atau bahkan di sekolah saya sudah mempunyai akun fb. Dalam artikel kali ini saya coba mengulas tentang social networking ini yang siapa tahu akan menjatuhkan friendster.

Facebook pada awalnya (menurut buku yang pernah saya baca) di Indonesia digunakan oleh para pelajar yang menuntut ilmu di negeri Paman Sam atau ekspatriat yang menetap di sini. Beberapa tahun kemudian, fb kini digandrungi para remaja di Tanah Air. Ya. Saat saya berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu, saya banyak melihat orang dengan lap di atasnya membuka fb. Kita bisa menyebutnya dampak globalisasi.

Para pengguna fs beralih ke fb mungkin disebabkan karena pepaknya fitur fb dan keamanannya yang lebih baik dari fs. Fitur-fiturnya sih menarik, diantaranya:

scrshot-1

(Tag Photo)


scrshot-3

(Wall/microblogging)


scrshot-4

(Chatting di dalam web)


scrshot-2

(Melihat orang yang online)


Bahkan kita pun tidak ketahuan melihat profile si teman walaupun kita sudah log in.

Sayang, profile di fb tidak dapat diubah-ubah themenya. Sebenarnya ada caranya. Tapi lain kali ya…

Lucunya, biodata di facebook bisa kita isi tahun lahirnyanya di bawah 17 tahun (mis. tahun lahir 1994). Lebih baik kalau saya sarankan jika membuat akun fb, gunakanlah nama asli agar teman-teman Anda tahu. Tidak seperti fs pastinya memakai nama samaran yang namanya nggak jelas.

Melihat antusiasme masyarakat yang menggunakan fb setiap saat, rasanya tak mungkin fb akan jatuh dengan sendirinya. Hanya waktu yang menentukan ^_^

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar

