Office 2010 (beta), At a Glance

Pada tahun 2010 ini, Microsoft rencananya akan meluncurkan produk Officenya yang baru, yakni Office 2010. Saat ini, Anda dapat mencicipi versi beta yang telah disediakan di website Office. Dengan kata lain, untuk saat ini, Office 2007 bisa dibilang selangkah lebih mundur.  Dalam Office 2010, tak ada perubahan yang signifikan, hanya penambahan fungsi-fungsi yang dirasa sangat bermanfaat bagi kita semua (wejyan)….

Ada yang mengatakan, “Kok cepet banget tho, Office 2007 aja belum mudeng.”.  Di mana ada Windows baru, di situ akan muncul Office baru.

WORD


Inilah tampilan Word 2010 yang baru. Jika Anda lihat sekilas, pastinya ada yang beda dengan versi 2007. Ya. Pada 2007 Anda akan menemukan logo Office pada pojok kiri atas. Dalam versi baru, logo tersebut tergantikan oleh menu tab FILE.

(menu tab FILE)

(daleman tab File, berisi info-info mengenai dokumen)

(opsi Print dan Print Preview diintegrasikan menjadi satu)

Untuk urusan format, tampaknya Office sudah mulai berkompromi dengan .pdf. Artinya, format besutan Adobe ini dapat Anda gunakan tanpa perlu menginstall add-ons lainnya. Cukup sorot Save as type.

(format .pdf sudah tersedia sendiri di Office 2010)

Ada satu fitur yang terbilang baru , dan tentunya sangat memudahkan kita dalam proses screen capture. Dalam tab Insert, ada satu option baru, yaitu Screenshot. Cukup buka window yang akan kita capture –> tekan tombol Prt Sc pada keyboard anda –> maka hasil screen capture itu akan otomatis nongol di Office.

(opsi baru di tab Insert yaitu Screenshot)

(WordArt di 2010 berubah total…)

POWERPOINT

Dalam PowerPoint 2010, tak ada perubahan yang signifikan. Hanya penambahan tema dan efek. Efek Transisi bisa dibilang sangat beda dengan versi sebelumnya. Transisinya seperti kita mengedit video dengan Premiere

(contoh transisi yang baru, sangat intuitif)

Untuk urusan tema, PowerPoint 2010 ini sudah disisipi beberapa tema baru.

(beberapa tema baru)

Oh, ya. Jika Anda setelah membuat dokumen dan langsung keluar, maka Office akan mengeluarkan dialog box. Lalu, jika Anda memutuskan untuk tidak menyimpannya terlebih dahulu (pilih Don’t Save), Office akan membuat file draft sementara yang hanya bertahan selama 4 hari.

(Pilih Don’t Save, maka Office akan membuat file draft sementara)

Lalu, bagaimana cara kita membuka file draft tersebut? Cukup ke tab File –> Info –> Manage Versions –> Recover Draft Versions.

Jika Anda ingin menghapus semua file draft, pilih saja Delete All Draft Versions

(Di sinilah file draft dikelola)

Untuk Access, Excel, dan Publisher, sebagian besar fiturnya masih tetap. Cukup sekian dan selamat mencoba…

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s