4 Tahun CSG Mengudara:”Expore Around The World”

Sebelumnya mohon maaf jika ulasan 4 tahun Catatan Si Ghamdan telat untuk dipublish

Alhamdulillah, tidak terasa, 4 tahun sudah Catatan Si Ghamdan mengudara. Sejak mengudara pada tanggal 8 November 2007, blog Catatan Si Ghamdan sudah menembus 21.000 hits. Hebat.

Jika diibaratkan dengan kehidupan manusia, 4 tahun bisa dibilang sudah mulai beranjak balita. Balita mulai tumbuh dengan organ-organnya yang mulai berfungsi secara optimal. Masa 4 tahun merupakan masa yang krusial. Walau masih berusia 4 tahun, CSG mulai memberikan kontribusi bagi seluruh lingkungan sang penulis

Sepanjang tahun 2010-2011 banyak sekali peristiwa yang dialami sang penulis, bahkan bisa dikata lifechanging. Seperti contoh saat sang penulis berpartisipasi dalam ISPO, Goes to Turkey,  hingga Goes to HK.  Event-event yang tak kalah mengenang di memori adalah CSG Goes to Bali w/ #FruitFamily dan #FruitFamily Goes to Sekatul. Di tahun 2011 pula, sang penulis bertemu dengan keluarga baru di rumah keduanya. Mereka adalah Cupumanik9 (Kelas 12 IPA 9).

 

(Sang penulis [bawah,4 dari kiri] bersama rekan-rekan dari Cupumanik9 setelah sesi foto untuk buku tahunan di depan kanopi SMA 3 Semarang)

Memang, tahun 2011 merupakan tahun terakhir di kelas olimpiade, sehingga pada pertengahan 2011, pada saat kenaikan ke kelas XII, seluruh anggota #FruitFamily disebar dan membaur di kelas reguler. Sang penulis bersama beberapa rekannya yang terdiri dari Dwi Syafiar, Camelia Evi, Lisana Himmatul Ulya, dan Rachmaniar Ratrianti mendapatkan ‘jatah’ di Cupumanik9.  Walau sudah tersebar di berbagai kelas, hubungan silaturahmi antar anggota #FruitFamily justru semakin kuat.

———–

Namun ada suatu hal yang sangat menyedihkan menimpa sang penulis. Beberapa hari setelah CSG Goes to HK, sang penulis kehilangan kamera DSLR kesayangannya sehingga mulai akhir Oktober 2011 sang penulis tidak dapat meliput event bergengsi seperti Bazzar Pensaga 2011, Malam Puncak Pensaga (Pentas Seni dan Aksi Siswa SMA 3 Semarang) 2011, Social Care, dan event-event lainnya yang pastinya mengena di hati, termasuk syukuran 4 tahun CSG yang justru diadakan beberapa hari setelah ulang tahun sang penulis ke-18.

Rekan-rekan sang penulis khususnya #FruitFamily sangat terpukul saat mendengar kabar kehilangan ini. Mereka sepertinya sudah menjalin ‘hubungan’ dengan DSLR sang penulis. Berbagai usaha pencarian pun juga sudah dilakukan hingga berminggu-minggu, namun hasilnya belum membahagiakan. Mari diikhlaskan saja….

———–

 

(Prosesi pemotongan tumpeng dalam rangka anjangsana ke-8 #FruitFamily sekaligus syukuran ulang tahun sang penulis ke-18 dan HUT CSG ke-4 pada tanggal 20 Januari 2012)

 

(Beberapa rekan #FruitFamily yang hadir dalam Anjangsana ke-8 #FruitFamily)

Pada peringatan 4 tahun CSG, sang penulis mengambil tema Explore Around The World. Hal ini dimaksud pada tahun 2011 sang penulis berkesempatan untuk berkelana ke luar negeri di 2 negara. Hal ini tentunya membuat sang penulis lebih termotivasi agar nantinya sang penulis bisa membawa nama bangsa kembali di ajang internasional.

Dalam ulasan 4 tahun CSG, sang penulis mencoba memberikan beberapa foto mengenai perjalanan sang penulis di kiprah olimpiade penelitian yang mungkin belum pernah dipublikasikan.

The UNREVEALED PHOTOS

The Life Changing

Mungkin pembaca yang budiman sudah mengetahui mengenai karya/proyek SMS Gateway Sebagai Alternatif Lembar Jawab Komputer yang dicetuskan oleh sang penulis, Irham Rosyadi, Pak Subiyanto (guru fisika yang sekaligus bapaknya Irham), dan Pak Khanif (guru TIK yang menjadi supervisor programming untuk karya ini) sejak 2010.  Awalnya, proyek ini hanya dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam Gelar Inovasi dan Prestasi Siswa Jawa Tengah 2010 di Museum Ronggowarsito Semarang. Seiring berjalannya waktu, karya ini diikutsertakan dalam Indoesian Science Project Olympiad (ISPO) 2011 dan mendapatkan hasil yang sangat membanggakan. Kemudian, karya ini juga diikutsertakan di 2 ajang internasional dan Alhamdulillah bisa mendulang kesuksesan.

Karya ini memungkinkan siswa saat mengerjakan soal cukup mengirimkan jawabannya hanya dengan menggunakan SMS, tidak perlu menggunakan lembar jawab komputer dan pensil 2B lagi. Siswa cukup mengirim jawaban dengan format SMS yang sudah ditentukan dan mengirimkan jawabannya melalui server (modem) yang sudah disediakan. Namun, untuk sementara, hanya soal pilihan ganda yang dapat digunakan dalam proyek ini. Rencananya, proyek ini akan dikembangkan untuk soal esai dengan jawaban pasti / eksak.

Sugeng Rawuh Wonten Museum Ronggowarsito

Gelar Inovasi dan Prestasi Siswa Jawa Tengah merupakan ajang ‘pamer’ karya ilmiah siswa SMA se-Jawa Tengah. Acara ini baru pertama kali digelar pada tanggal 9 November 2010 dan dibuka secara resmi oleh Prof. Suyanto, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. Seperti biasa, rumah kedua sang penulis tak mau ketinggalan untuk unjuk gigi dalam event semacam ini. Sehari sebelum libur Idul Fitri, terbentuklah 7 tim yang akan memamerkan karyanya pada event GIPS, salah satunya sang penulis, Irham.

(Pak Subiyanto berpose dalam sesi foto untuk brosur proyek, ditengah tumpukan LJK bekas mid semester)

(sang penulis mencoba mengambil sampe LJK bekas yang sangat berat. Foto ini juga digunakan dalam brosur)

 

(Pak Subiyanto saat berpose melubangi lembar jawaban dengan menggunakan obat nyamuk bakar. Hal ini dimaksud untuk membuat kunci jawaban. Menurut curhatnya Pak Bi, guru jaman dulu mengoreksi jawaban siswa dengan menggunakan lembar jawab yang telah dilubangi dengan obat nyamuk bakar. Seiring berjalannya waktu, para guru menggunakan kertas transparan, LJK, hingga pada akhirnya sang penulis, Irham, dan Pak Bi mencetuskan teknologi SMS Gateway)

 

(8 November 2010, bertepatan dengan HUT CSG ke-3, sang penulis dan rekan-rekannya melakukan briefing di kanopi SMA 3 Semarang sebelum berangkat ke Museum Ronggowarsito untuk mempersiapkan stan dalam event Gelar Inovasi dan Prestasi Siswa Jateng)

 

(Sang penulis saat berada di Museum Ronggowarsito untuk melihat persiapan GIPS 2010 pada Senin,8 November 2010 malam)

 

 

 (Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Prof. Suyanto [baju coklat] saat meninjau hari pertama pelaksanaan GIPS 2010 dan mengunjungi stan tim SMAGA [bawah])

(Sang penulis [3 dari kiri] dan tim SMAGA berfoto bersama setelah penutupan GIPS 2010 (11 November 2010) di Museum Ronggowarsito Semarang)

(sang penulis memfoto rekan-rekannya saat listrik padam di Museum Ronggowarsito)

 

 (Sebelum menuju final ISPO 2011, sang penulis meminta 2 rekan sang penulis, Windha Mukti dan Miftakhul Afrizal menjadi model di mana mereka sedang mencoba proyek SMS Gateway dan foto ini dipasang dalam MMT yang digunakan dalam babak final)

Jakarta, Here We Come!

Setelah ajang GIPS 2010, sang penulis dan Irham mencoba mengikuti ajang Indonesian Science Project Olympiad 2011 dengan mengikuti seleksi berupa mengirimkan naskah karyanya terlebih dahulu. Pada tanggal 5 Februari 2011 malam harinya, sang penulis mendapatkan info bahwa sang penulis dan Irham berhak mengikuti babak ISPO 2011 pada tanggal 23-25 Februari 2011 yang berlangsung di Balairung UI, Depok. Selain sang penulis dan Irham, ada 4 tim dari rumah kedua sang penulis yang juga berhak mengikuti babak final ISPO 2011. Karena sang penulis dan Irham tiba satu malam lebih awal dari waktu yang telah ditentukan panitia, maka sang penulis dan Irham bermalam di rumah sang penulis yang berada di bilangan Bintaro.

Dari ajang ISPO 2011, tim SMA 3 Semarang (selanjutnya disebut tim SMAGA) berhasil memboyong 3 medali. Medali emas diraih oleh Andy Aulia dan Abyan Adam untuk bidang teknologi. Medali perak diraih oleh sang penulis dan Irham untuk bidang komputer. Medali perunggu diraih oleh Hani Mufidah dan Enggardini Rahma Hakim untuk bidan biologi. Selain itu, sang penulis dan Irham direkomendasikan oleh panitia ISPO untuk mengikuti ajang serupa di Ankara, Turki. Sedangkan si Andy Aulia dan Abyan adam direkomendasikan untuk mengikuti perlombaan di Bratislava, Slovakia.

 

(21 Februari 2011, pertama kalinya si Irham berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Tak tanggung-tanggung, si Irham mencicipi terbang dengan maskapai plat merah. Bapaknya sempat berkelakar jika nanti saat akan take off, sang penulis harus memegang tangan si Irham erat-erat. Namun, pada saat take off, si Irham justru tenang-tenang saja sembari memainkan rubik 3×3 miliknya)

 

(Hari kedua pelaksanaan ISPO 2011, pada saat tiba di Balairung UI Depok, sang penulis diseneni Pak Subiyanto karena sang penulis memakai sandal dikarenakan sang penulis tidak membawa sepatu warna putih (berhubung sang penulis menggunakan seragam batik smaga yang mengharuskan memakai sepatu putih). Alhasil, Sang penulis terpaksa meminjam sepatunya Pak Subiyanto dengan disaksikan oleh Bu Emmy. Untungnya, ukuran sepatu beliau pas!)

(Secara mengejutkan, Pak Hari Waluyo (kepala SMA 3 Semarang) datang ke Balairung UI Depok pada hari kedua pelaksanaan ISPO 2011 [Kamis, 24 Februari] untuk memantau tim SMAGA yang berlaga pada ajang tersebut. Tampak Pak Hari Waluyo berfoto bersama sang penulis dan Irham dalam stannya di ISPO 2011 [atas] dan berfoto bersama dengan tim SMAGA [bawah[)

 

 (beberapa snapshot saat stan sang penulis dan Irham dipadati pengunjung yang antusias untuk mencoba menjawab soal pilihan ganda dengan proyek SMS Gateway dalam final ISPO 2011 di Balairung UI Depok)

 

 

(tim SMAGA saat berada di kompleks DPR MPR Senayan setelah menghadiri jamuan makan malam yang dipimpin oleh Ketua DPR Marzuki Alie)

(Ekspresi yang dipancarkan para pembimbing setelah upacara penutupan dan pemberian penghargaan ISPO 2011 di Sasono Langen Budoyo, TMII)

Merhaba, TURKIYE

Setelah ajang ISPO 2011, kini saatnya sang penulis dan Irham mengikuti ajang serupa yang bertajuk e-biko di Ankiara, Turki. Ajang ini merupakan ajang olimpade IT yang digelar setiap tahunnya di kota yang sama. Pada ajang ini, para peserta mempresentasikan karyanya mengenai inovasi di bidang IT, tak terkecuali sang penulis dan Irham. Sang penulis dan Irham masuk ke dalam kategori ICT for Education

Sang penulis, Irham, dan Pak Subiyanto berada di Turki selama 9 hari (12-21 Mei 2011). Setelah mengikuti lomba di Ankara pada 15-16 Mei dan memboyong penghargaan berupa favorit juri (setingkat juara harapan), sang penulis, Irham, dan Pak Subiyanto berplesiran di Istanbul selama 3 hari sebelum akhirnya pulang ke tanah air.

(Sang penulis [2 dari kanan] dan Irham bersama tim SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menanti jemputan dari panitia lokal di Esenboga Airport, Ankara, Turki)

(Sang penulis dan Irham saat sarapan bersama para siswa tanah air yang sedang melakukan pertukaran pelajar di salah satu boarding school di Ankara, Turki)

(Tim SMAGA dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo berfoto bersama dengan salah seorang panitia lokal yang bertindak sebagai koordinator tim Indonesia di depan venue lomba)

(Menikmati sunset di dekat boarding house dengan suhu 18 derajat celcius )

(Sang penulis [kanan] dan Irham bersama sebelum penjurian)

(Suasana penjurian berupa presentasi karya di venue lomba. Repotnya, pada saat proses penjurian, para juri ternyata belum fasih berbahasa Inggris. Untungnya, sang moderator presentasi/MC langsung bertindak sebagai penerjemah)

Welcome to Hong Kong ladies and gentlement….

Simak cerita lengkap CSG Goes to HK di sini

 Secara mengejutkan, pada awal September 2011, datanglah surat dari kementerian yang berisi tugas untuk sang penulis dan Irham untuk mengikuti ajang Hong Kong International Science Fair (HKISF) 2011. Tak hanya sang penulis dan Irham, tetapi juga si Andy Aulia, Hani Mufidah, dan Enggardini Rachma yang didaulat untuk mengikuti ajang ini. Dalam misi ke HK, Pak Khanif-lah yang bertindak sebagai supervisor bagi kami.

Sebelum keberangkatan ke HK, Tim SMAGA harus mempersiapkan perform tari tradisional untuk ditampilkan dalam upacara pembukaan HKISF.

Hong Kong International Science Fair berlangsung pada tanggal 16-18 Oktober 2011. Ajang ini diikuti oleh lebih dari 10 negara seperti Amerika Serikat, Italia, Korea Selatan, Rumania, Turki, dll. Yang lebih hebat, tim SMAGA merupakan satu-satunya tim yang berasal dari Indonesia. Dari ajang ini, tim SMAGA berhasil memperoleh penghargaan berupa medali perak yang diraih oleh sang penulis dan Irham, medali perunggu yang diraih oleh si Andy, dan Honorable Mantion yang diraih oleh si Hani dan Enggardini.

(Snapshot pada saat demonstrasi proyek SMS Gateway sebagai Alternatif Lembar Jawab Komputer beberapa hari sebelum mengikuti Hong Kong International Science Fair)

(Untuk urusan makan selama di HK, rombongan Smaga bersantap siang dan malam di Warung Chandra , McD  hingga Warung Malang)

(Rombongan Smaga saat jalan-jalan di kawasan Causeway Bay, HK)

(Stan sang penulis dan Irham dalam HKISF)

 

(Sang penulis bersama rekan-rekannya melakukan gladi resik Tari Semarangan sebelum acara Opening Ceremony Hong Kong International Science Fair di Regal Riverside Hotel, Sha Tin, HK, pertengahan Oktober 2011. Saat melakukan rehearsal, tim SMAGA belum makan siang sama sekali, walau jam menunjukkan pukul 16.00 LT {15.00 WIB} )

 

(Sesi foto bersama setelah penutupan HKISF)

Harapan 4 tahun

Dengan adanya peringatan 4 tahun CSG diharapkan sang penulis dapat memberikan kontribusi positif bagi rekan-rekan, orang tua, guru-guru, dan bagi bangsa ini. Tentunya dengan adanya peringatan 4 tahun CSG merupakan cambuk untuk terus melangkah ke depan menuju masa depan yang lebih cerah.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang tak dapat saya sebutkan satu persatu yang telah membantu dan berpartisipasi dalam Catatan Si Ghamdan. 


Tessekur ederim! SYUKRON!

Salam hangat dari Semarang

GBPUTRA

Satu pemikiran pada “4 Tahun CSG Mengudara:”Expore Around The World”

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s